Fear


Go beyond the fear
; It is the winning sensation lies there ; .. I hate to start this again ..Really .. But this is important, for me ... Yea for me, not for other...

The reason is inside me; inside your self.... there is no need to be afraid of the outsider.
... L O O K ; L I S T E N ; W R I T E ; D O

Tuesday, 17 March 2015

Pricing Strategy : implementase praktis



Menarik membaca artikel Koran Fajar 16 Maret 2015 bertajuk Beras Menir (Smartphone Xiaomi) yang Menggetarkan Samsung oleh Dahlan Iskan. Hal menarik yang saya maksudkan yakni bagaimana perusahaan Smartphone Xiaomi mampu menjual 70 juta smartphone pada 2013, yang hampir tiga kali lipat dari sebelumnya.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 ini, muncul menjadi nomor tiga didunia mengalahkan Lenovo dan LG. 

Bagaimana mungkin perusahaan yang belum berumur lima tahun  sudah begitu suksesnya. Dalam tulisannya, Dahlan iskan, menyebutkan bahwa disamping pendekatan lainnya,  pendekatan yang digunakan perusahaan ini yakni terkait strategi pricing. Smartphone xiaomi yang tampilan maupun kualitasnya mirip iPhone, dibanderol dengan harga kurang dari sepertiga harga iphone.  Harga ini hanya sama dengan harga pembelian material bahan baku.


Lalu dari mana perusahaan mendapatkan keuntungan? Dalam tulisannya, disebutkan lebih lanjut bahwa Xiaomi tidak ambil keuntungan dari penjualan telepon pintarnya. Perusahaan akan ambil keuntungan dari software, aksesoris dan bahkan merchandisenya.  Dijual dalam berbagai bentuk.


Menarik bahwa strategi pricing menjadi factor dalam menentukan posisi perusahaan dalam peta persaingan industry. Penetapan kebijakan harga  dipadukan dengan kebijakan strategis lainnya, menyebabkan dunia telekomunikasi ibarat roller coaster. Kita tidak pernah membayangkan Nokia yang begitu merajalela dengan cepat dikalahkan Blackberry. Lalu Apple muncul mengalahkan Blackberry. Lalu Samsung menyalip Blaackberry.

Kini Xiaomi muncul bukan hanya meramaikan industry telekomunikasi, namun mulai menunjukan dominasinya.
http://www.mi.com/id/redmi1s/Link to site
http://en.miui.com/http://en.miui.com/

No comments: