Fear


Go beyond the fear
; It is the winning sensation lies there ; .. I hate to start this again ..Really .. But this is important, for me ... Yea for me, not for other...

The reason is inside me; inside your self.... there is no need to be afraid of the outsider.
... L O O K ; L I S T E N ; W R I T E ; D O

Wednesday, 18 March 2015

Prinsip 4P



Pakar marketing Philipp Kotlerr dalam suatu wawancara  menegaskan bahwa sekalipun terjadi perubahan era , pelaksanaan kerja dunia Marketing tetap akan mencakup prinsip 4P (Product, Price, Place, Promotion).

Product berarti bahwa karaktersitik barang/jasa yang dihasilkan suatu perusahaan akan menentukan posisinya dalam suatu lingkungan kompetisi; yakni diminati atau ditolak oleh pasar.  Karaketristik tersebut antara lain yang pertama dan paling penting adalah kualitas. Konsumen akan memutuskan untuk membeli produk yang memenuhi persyaratan yang dikehendaki. Aspek kualitas makin menjadi penting terlebih saat produk yang akan mereka pakai (missal dalam proyek ) terikat oleh ketentuan standard kualitas pengguna akhir.

Price berarti penentuan kebijakan harga. Pada beberapa kondisi, suatu kebijakan harga perlu dikoreksi untuk menyikapi situasi pasar, missal dalam hubungannya dengan situasi persaingan. Kebijakan harga bisa meliputi pemberian potongan harga, penetapan syarat pembayaran.

Place terkait dengan pemilihan saluran distribusi, meliputi segmen pasar yang dijadikan target penjualan, pilihan jasa perantara yang digunakan (missal distributor, broker, agen).

Promotion terkait dengan  aktifitas pengenalan produk kepada konsumen.

Lebih lanjut dapat disimpulkan bahwa:

  • Pendekatan prinsip 4P adalah suatu pendekatan terintegrasi yang melibatkan seluruh fungsi/Departemen dalam suatu perusahaan.
  • Juga bahwa penerapan yang baik atas prinsip 4P akan membuat perusahaan akan survive bahkan unggul dari pesaingnya. Sebaliknya mengesampingkan aspek 4P akan menjadikan perusahaan terseok-seok dan ditinggalkan oleh konsumen. 
  • Dengan kata lain produk yang dihasilkan hanya akan tersimpan dalam gudang  dan tercatat sebagai persediaan dalam laporan keuangan. Ini artinya biaya untuk pembuatan produk tidak dapat dikonversi menjadi sebuah pendapatan operasi.

No comments: