Fear


Go beyond the fear
; It is the winning sensation lies there ; .. I hate to start this again ..Really .. But this is important, for me ... Yea for me, not for other...

The reason is inside me; inside your self.... there is no need to be afraid of the outsider.
... L O O K ; L I S T E N ; W R I T E ; D O

Saturday 4 October 2014

TEORI PERMINTAAN


Soal :
1.       Gambarkan kurva permintaan pasar dan perseorangan
2.       Apa penyebab terjadinya pergeseran kurva permintaan

Hukum Permintaan
Dua elemen utama mekanisme pasar yakni PERMINTAAN dan PENAWARAN. Ketika membahas aspek permintaan, maka yang dibicarakan adalah Konsumen.  Bagaimana konsumen mempertimbangkan keputusan pembelian(PERMINTAAN) atas suatu komoditas.
Faktor yang mempengaruhi permintaan, meliputi :
  • Harga barang/Price (P) 
  •  Pendapatan/income (I)\
  • Cita rasa/Taste atau preferensi (T) 
  •  Harga barang substitusi (PS) 
  •  Faktor musim /seasonal (S) 
  •  Ramalan harga yang akan datang 
  • Kesempatan memperoleh kredit (C) 
  •  Pengaruh luaran /exogenous factor misal pengaruh iklan (E)
Pada hakikatnya hUkum permintaan menyatakan bahwa ketika harga produk per unit mengalami kenaikan, maka akan menyebabkan jumlah produk yang diminta mengalami penurunan, demikian sebaliknya.  Dengan kata lain saat harga turun, jumlah produk yang diminta naik, dan saat harga naik maka jumlah produk yang diminta turun.

Hukum permintaan ini berlaku hanya saat jika asumsinya ceteris paribus, yakni  hanya aspek yang harga yang mempengaruhi perubahan/pergeseran nilai permintaan, sementara aspek lainnya dianggap tetap. Secara matematis hukum permintaan (demand law) dapat dinyatakan :
Qt = f(P,I,T,PS,S,C,E)
Qt adalah variable dependent, dan f adalah variable independent.

Dengan asumsi ceteris paribus (kuantitas hanya bergantung pada harga), maka fungsi matematisnya menjadi : Qt = f(P) = a – bPn
Dimana a = konstanta, b= koefisien arah garis kurva (tingkat sensitivitas harga produk (Pn) terhadap kuantitas produk yang diminta (Qt).
Representase secara grafis ..


KETERANGAN :
P=Price dimana P1<P2<P3<P4
Q = Kuantitas Produk dimana Q1<Q2<Q3<Q4
TERLIHAT PADA GRAIFIK, MAKIN TINGGI HARGA (yang ditawarkan), MAKIN SEDIKIT KUANTITAS (yang diminta). Pada harga = 0, maka kuantitas yang diminta akan maksimum. Ini sama saja dengan member secara gratis pembeli (Harga = 0).

Permintaan Pasar 
Masing-masing individu berbeda dari segi kemampuan keuangannya. Karena itu pula maka kemampuan nya membeli suatu produk juga berbeda-beda atau kurva permintaan per individu berbeda. Dengan menjumlahkan kuantitas yang diambil oleh semua konsumen dalam pasar untuk tiap kemungkinan harga, maka kita dapat membuat kurva permintaan pasar. Dengan kata lain, permintaan pasar adalah penjumlahan permintaan individual.

No comments: