Soal :
1.
Gambarkan
kurva permintaan pasar dan perseorangan
2.
Apa
penyebab terjadinya pergeseran kurva permintaan
Hukum Permintaan
Dua elemen utama mekanisme pasar
yakni PERMINTAAN dan PENAWARAN. Ketika membahas aspek permintaan, maka yang
dibicarakan adalah Konsumen. Bagaimana konsumen
mempertimbangkan keputusan pembelian(PERMINTAAN) atas suatu komoditas.
Faktor yang mempengaruhi
permintaan, meliputi :
- Harga barang/Price (P)
- Pendapatan/income (I)\
- Cita rasa/Taste atau preferensi (T)
- Harga barang substitusi (PS)
- Faktor musim /seasonal (S)
- Ramalan harga yang akan datang
- Kesempatan memperoleh kredit (C)
- Pengaruh luaran /exogenous factor misal pengaruh iklan (E)
Pada hakikatnya hUkum permintaan
menyatakan bahwa ketika harga produk per unit mengalami kenaikan, maka akan
menyebabkan jumlah produk yang diminta mengalami penurunan, demikian
sebaliknya. Dengan kata lain saat harga
turun, jumlah produk yang diminta naik, dan saat harga naik maka jumlah produk
yang diminta turun.
Hukum permintaan ini berlaku
hanya saat jika asumsinya ceteris paribus, yakni hanya aspek yang harga yang mempengaruhi
perubahan/pergeseran nilai permintaan, sementara aspek lainnya dianggap tetap. Secara
matematis hukum permintaan (demand law) dapat dinyatakan :
Qt = f(P,I,T,PS,S,C,E)
Qt adalah variable dependent, dan
f adalah variable independent.
Dengan asumsi ceteris paribus
(kuantitas hanya bergantung pada harga), maka fungsi matematisnya menjadi : Qt
= f(P) = a – bPn
Dimana a = konstanta, b=
koefisien arah garis kurva (tingkat sensitivitas harga produk (Pn) terhadap
kuantitas produk yang diminta (Qt).
KETERANGAN :
P=Price dimana
P1<P2<P3<P4
Q = Kuantitas Produk dimana
Q1<Q2<Q3<Q4
TERLIHAT PADA GRAIFIK, MAKIN
TINGGI HARGA (yang ditawarkan), MAKIN SEDIKIT KUANTITAS (yang diminta). Pada
harga = 0, maka kuantitas yang diminta akan maksimum. Ini sama saja dengan member
secara gratis pembeli (Harga = 0).
Permintaan Pasar
Masing-masing individu berbeda
dari segi kemampuan keuangannya. Karena itu pula maka kemampuan nya membeli
suatu produk juga berbeda-beda atau kurva permintaan per individu berbeda. Dengan
menjumlahkan kuantitas yang diambil oleh semua konsumen dalam pasar untuk tiap
kemungkinan harga, maka kita dapat membuat kurva permintaan pasar. Dengan kata
lain, permintaan pasar adalah penjumlahan permintaan individual.
No comments:
Post a Comment