Apa jawaban saat ditanyai hal yang anda ketahui tentang HRD
atau dept. sumber daya manusia? Jawabannya boleh jadi beragam, dan bisa jadi terkait
dengan pada level masa kerja dalam sebuah perusahaan:
HRD adalah departemen pertama yang dihubungi saat
akan menanyakan lowongan kerja ataupun mengajukan surat lamaran kerja. Mereka pulalah
yang menelpon memberitahukan jadwal test serta menyampaikan hasil tes.Saat baru akan masuk, merekalah yang
dihadapi saat penandatanganan kontrak kerja, menjelaskan hak dan kewajiban
sebagai karyawan.Lalu dihari pertama kerja, diperkenalkan
dengan lingkungan kerja dengan mengajak keliling ke seluruh departemen,
HRD memonitor kehadiran ,
mengajukan klarifikasi atas ketidak hadiran dan lalu memotong tunjangan
kehadiran saat tidak dapat diklarifikasi alasannya, menyaring jumlah cuti yang
diajukan karyawan, mengurus penggajian dan keputusan karir melalui penilaian
akhir tahun, dan fungsi administratif lainnya.
Lalu, bagaimana teori manajemen sumberdaya manusia memandang
pelaksanaan fungsi HRD? Mengapa ada Complaint yang ditujukan oleh sebagian
karyawan atas fungsinya? Mengapa satu karyawan lebih menonjol perkembangan
karirnya dibanding yang lain saat secara factual skill, knowledge, ability dan other
related attribute sama? seberapa jauh fungsi dept. HRD dalam menjembatani
kepentingan karyawan dengan stakeholder lainnya?
Materi manajemen sumberdaya manusia akan membantu memahami
konsep pengelolaan manajemen sumberdaya manusia tradisional dan modern : bagaimana staf dan bos
(manajer) sumberdaya manusia seharusnya menjalankan fungsinya dan hubungan
lintas kordinasi dengan departemen lain dalam bersinergi untuk mewujudkan
tujuan strategis perusahaan. Akan dicapai suatu kesimpulan apakah HRD dikelola secara tradisional atau modern.
No comments:
Post a Comment