Praktik pengelolaan sumber daya manusia pada starbucks
Starbuck yakin bahwa kunci
keberhasilan perusahaanya terletak pada KARYAWANNYA.
Ini lebih jauh menegaskan
keyakinan bahwa keberhasilan keuangan starbucks berasal dari praktik sumberdaya
manusianya, bukan sebaliknya.
Starbucks antara lain memberikan
kepada mitranya (baca karyawan) tunjangan penggantian biaya kuliah, dan memberi
satu pon kopi gratis setiap minggu. Para manajer dan asisten manajer toko
mengambil kursus manajemen ritel.
Starbucks juga memiliki kelompok
yang bertanggung jawab meninjau ratusan komentar dan pertanyaan karyawan yang
dikemukakan setiap bulan untuk memastikan misi perusahaan sedang diikuiti.
(quoted from : book titled Human
Resources Management : Gaining a competitive advantage)
NOTE …
untuk lebih unggul, karyawan bukan lagi dipandang sebatas hubungan pekerja dan majikan., pencari kerja- pemberi upah. Melainkan dalam konsep kemitraan.
untuk lebih unggul, karyawan bukan lagi dipandang sebatas hubungan pekerja dan majikan., pencari kerja- pemberi upah. Melainkan dalam konsep kemitraan.
Posisi karyawan sama dengan stakeholder
lainnya seperti customer, karena itu sama pentingnya dalam keberhasilan keuangan perusahaan
No comments:
Post a Comment